Selasa, 18 September 2018

Daerah Asal Ulun/Saya




tugu ketupat 7
ASSALAMMUALAIKUM WR.WB.
Buhan pian sudah tau tentang kota Kandangan? kalo belum, Kuy kita cari tau tentang kota ulun ini yaitu kota kandangan.
Kandangan adalah nama dari sebuah kota kecil, kecamatan sekaligus Ibu Kota dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, kota kandangan ini pun terletak di tepi sungai Amandit  dan berjarak 135 Km dari Ibu kota provinsi Kalimantan Selatan yaitu kota Banjarmasin.
Kota kandangan memiliki sebuah ikon yaitu “katupat” yang artinya ketupat, katupat kandangan merupakan makanan khas dari kota kandangan yang sangat terkenal akan kenikmatannya atau kalo istilah kata kami itu “nyaman banar”. Makanan khas katupat ini biasanya dicampur denganTtUHXLm52u kuah santan dan ikan asap haruan atau gabus, selain itu ada sebuah cara khas untuk memakannya yaitu dengan menggunakan tangan dan katupatnya itu dipijit sampai bentuknya jadi kaya nasi, konon kepercayaan kami makan dengan cara seperti itu lebih nikmat rasanya. Saking terkenalnya katupat kandangan sampai-sampai dibuatnya sebuah tugu yang namanya Bundaran katupat, yang mana tugu yang bergaya modern dengan khas kota Kandangan itu menjadi tugu selamat datang. tidak cuma katupat saja makanan khas kandangan ada yang lain lagi dan sangat terkenal juga yaitu Dodol Kandangan, Dodol Kandangan sering di jadikan sebagai oleh-oleh khas. Nah, dari hal tersebut tidak heran juga kota kandangan ini juga sering dijuluki kota katupat atau kota dodol karena terkenalnya dua buah makanan khas tersebut.
Kabupaten Hulu Sungai Selatan di aliri oleh sungai yang bernama sungai Amandit dan bermuara ke Sungai Negara atau Daha Selatan (anak/cabang dari sungai Barito ) yang berfungsi sebagai sarana prasarana perhubungan dalam kabupaten dan ke kabupaten lainnya pada zaman dulu.
Selain makanan khas dan sungainya, kandangan juga memiliki kebudayaan tersendiri yaitu seni Beladiri yang khas yang di sebut “bakuntau”, bakuntau sendiri adalah sebuah beladiri yang mana beberapa gerakan hampir mirip dengan silat namun ada beberapa gerakan juga yang khas, kesenian beladiri bakuntau biasanya juga dapat di temui dalam acara perkawinan,mereka menunjukkan kemampuan beladiri mereka, dan pertunjukan ekstrem seperti debus, namun kini mungkin sudah jarang di temui.
nah itulah sedikit gambaran dari kota Kandangan atau kota Katupat daerah asal ulun,  ulun mohon maaf kalo ada salah kata dalam penulisan, sekian terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar